Thursday, November 17, 2011

Amateur Traveler Exploring Bali - Part 4

Originally posted in here, Sep9, 2010

"Traveling it gives you home in a thousand strange places, then leaves you a stranger in your own land" - Ibn Battuta

Day 4: 3 June 2010

Hari terakhir kami di Bali, dipakai untuk belanja oleh-oleh di Pasar Sukawati. Sengaja berangkat pagi-pagi, biar sampai sana pasarnya baru buka dan kami bisa dikasih harga murah, harga penglaris namanya. Berbekal ingatan harga oleh-oleh Bali di toko Krisna, dengan semangat '45 kami melihat dan menawar. Lumayan bisa dapet harga yang murah meriah untuk aksesoris. Gelang, cincin beli banyak banget, anting, lulur Bali, baju bordir Bali, kacang Bali sampai titipan orang-orang. Waktu yang dialokasikan buat belanja ke Sukawati sih 1 jam, maksudnya biar ngga ketinggalan pesawat yang take off jam 15.00. Eh molor, jadi 2 jam di Sukawati. Lalalala...

Dari Sukawati, lanjut ke tempat jual Pie Susu Bali (Ibu Tantri: 0813 3755 7888 / 0361 7842 073) di Jln. Nangka Gg. Nuri I/14, Br.Umasari - Denpasar. Untungnya kami udah booking Pie Susu Bali ini seminggu sebelum berangkat, dan ngingetin Ibu Tantri sesampainya di Bali, jadi tinggal ngambil aja pesanan kita di tempat bikinnya. Pie Susu Bali ini adalah salah satu makanan kecil dengan rasa manis, terbuat dari kulit pie yang diatasnya dikasih adonan susu seperti vla pudding. Sekarang Pie Susu Bali punya 2 rasa, original dan coklat. Kalau kami bertiga sih sukanya yang original aja, lebih manis. Nambah lagi deh belanjaan hari itu, saking banyaknya, sampai bingung nempatinnya di bagasi mobil Karimun.

Pie Susu siap dikemas
Pie Susu siap dibawa pulang

Barang-barang beres semua, berangkat lagi, kali ini tujuannya cari makan siang. Berhubung Lia ngidam makan babi (kebayang-bayang harumnya Babi Guling Ibu Oka di Ubud waktu itu, mobil pun diarahkan ke saerah Sanur, kata Bli Kadek, babi guling disana enak juga. Agak lama juga nunguin Lia beli makanan tuh. Kalau saya dan Eka akhirnya cari makanan halal di Warung Wardhani, Denpasar. Saya makan nasi pakai sate udang dan sambal. Lumayan enak juga, meskipun harganya agak mahal.

Saat itu waktu udah menunjukkan pukul 13.45 dan kami masih berada agak jauh untuk sampai di bandara Ngurah Rai. Eng ing eng, deg-degan takut ketinggalan pesawat, Bli Kadek pun kemudian memacu kendaraannya, jalanan kota agak macet. Makin deg-degan. Akhirnya sampai airport jam 14.00, turunin barang-barang, bayar biaya rental mobil Karimun ke Bli Kdek dan buru-buru masuk airport buat check in. Akibat terlalu banyak belanjaan, saya terpaksa nembah bawaan pakai tas belanja dari kain. Maksud hati biar ngga bawa banyak bawaan di kabin pesawat, mau ngga mau tas kain itu harus masuk bagasi kan? Akhirnya nambah bayar Rp 30.000 untuk wrapping tas biar isinya ngga jatuh di bagasi. Fasilitas wrapping tas ini ada di bandara Ngurah Rai dan Soekarno Hatta.

Ngantri di counter check in. Untung aja udah siap dengan dokumen web check in kami, jadi ngga usah nunggu lama-lama untuk dicariin kursi. Ternyata kami rombongan terakhir yang check in. Sementara pesawatnya on time, udah stand by di airport. Huaa..lari-lari lagi deh terus bayar airport tax Ngurah Rai Rp 30.000. Alhamdulillah, sampai juga di pesawat.

we're (not) ready to go back to Jakarta
Kali ini saya beruntung menang suit sama Eka untuk dapat duduk di pinggir jendela. Jadi, selama beberapa menit mulai dari pesawat take off hingga mengudara, saya menikmati pemandangan langit biru dan awan Bali yang bersih, sampai ketiduran. Sekitar pukul 16.00 kami sampai di Jakarta lagi.

Sampai jumpa, Bali. Saya belum puas lho jalan-jalan disana, jadi pasti akan kembali lagi tahun depan. Doakan kita bertemu kembali yaaa.. Amin.. See you...