Monday, December 26, 2011

sehari keliling Bandung

Kota Bandung tak hanya terkenal dengan factory-factory outlet-nya, tapi juga dengan kulinernya yang begitu beragam. Sepertinya ngga ada makanan yang ngga enak deh di Bandung. Mulai dari jajanan pinggir jalan, keripik, sampai makanan berat, dari makanan tradisional sampai internasional, semua enak. Sekarang kalau kita ke Bandung, jangan lupa sempatkan menyambangi tempat-tempat makan baru. Biasanya tempat-tempat makan ini berbentuk cafe dengan desain interior yang cantik, menyajikan makanan dan minuman lezat dengan harga yang cukup ramah di kantong.

Sabtu, 17 Desember yang lalu, saya dan Dinad pergi ke sehari ke Bandung demi mencicipi makanan-makanan enak. Berangkat jam 09.00 dari Gambir naik kereta Argo Parahyangan kelas eksekutif (Rp80,000). Keretanya nyaman sekali, kamar mandi bersih dan AC-nya cukup dingin. Pilihan alternatif transportasi yang tepat jika sedang malas bawa mobil ke Bandung. Dibandingkan naik travel, naik kereta memang lebih enak, ngga pegal-pegal karena kelamaan duduk serta bisa menikmati pemandangan bukit dan sawah yang serba hijau. Dan yang mencengangkan adalah di bawah meja ada stop kontak, untuk charger Blackberry atau laptop. Masih bisalah update Twitter tanpa harus khawatir kehabisan baterai Blackberry :D




Perjalanan dengan kereta memakan waktu 3.5 jam. Memang cukup lama, tapi sampai di Bandung masih segar, karena bebas pegal-pegal. Hehehe. Dari stasiun ke destinasi tempat makan pertama, kami naik taksi.  Kalau di Bandung, taksi yang pakai argo adalah Blue Bird (022-7561234) dan Gema Ripah (022-421707) yang bisa dipesan by phone atau cegat di pinggir jalan. Kemarin sih sempet liat taksi Putra juga. Ngga tau deh tuh pake argo atau ngga. Argo Blue Bird ke daerah Ahmad Yani, Bandung sekitar Rp30,000. Kami memilih taksi karena lokasi destinasi pertama yang cukup jauh dari stasiun. Biar cepet aja.

1st Destination: IBCC Food District
IBCC adalah kompleks pertokoan keramik dan saniter (seperti kalo di Jakarta itu di daerah Panglima Polim), disini ada Ace Hardware, Index Furnishing dan Electronic Solution, one stop shopping center konsepnya. Nah, kebetulan dari tanggal 8-24 Desember 2011 lagi ada festival makanan yang memang udah jadi acara tahunannya IBCC. Tempat parkir IBCC disulap jadi lorong penuh berbagai booth-booth makanan, minuman dan jajanan enak. 

Disini kami ketemu sama Teh Sasya. Teh Sasya itu temennya Dinad, mereka sama-sama jadi ibu gurunya @SoalBowBow. Teh Sasya kerja di management-nya IBCC. Pemilik situs SurgaMakan ini dedengkotnya kulineran Bandung, jadi, pas kami sampai sana, langsung diajak muter-muter liat booth-booth sambil dikasitau yang enak-enak apa aja. Kami nyobain Sate Ayam dan Sate Sapi di booth Sate Ayu, (sate sapinya empuukk), terus beli Es Krim Cincau (es cincau ditambahin es krim), Bola Ubi (Ubi dibikin bulet-bulet tapi isinya kosong kaya tahu pong. Enak bangeeet!), Takoyaki yang berasa isinya bukan cuma tepung doang, terus nyobain DimSum sama Kue Kentang Almond. Langsung kenyang lho, padahal makannya berdua sama Dinad. 


Disini kami juga beli Tongkol Setan buat dimakan sama nasi panas kalau udah sampai rumah. Tongkol Setan ini sebenernya adalah tongkol disuwir-suwir, dimasak pake cabe terus dikemas di plastik. Kalau mau makan tinggal dipanasin, karena udah matang. Ada tingkatan pedesnya juga. Kalau mau liat penampakannya kaya apa dan mau pesan, bisa langsung cek twitternya @TongkolSetan. Makan-makan di IBCC Food District ini kami abis sekitar Rp108,500 berdua.

2nd Destination: Prima Rasa
Kenyang di IBCC lanjut ke Prima Rasa, beli oleh-oleh buat orang kantor dan orang rumah. Naik taksi didrop sama Teh Sasya yang mau pulang ke rumah. Pasti udah pada tau kan jual makanan oleh-oleh apa aja di Prima Rasa, andalannya sih Brownies Panggang. Saya suka banget Brownies Panggangnya Prima Rasa bila dibandingkan dengan Kartika Sari. Lebih moist dan rasanya pas, tidak terlalu manis, tapi memang harganya cukup mahal, sekitar Rp45,000. Selain itu yang patut dicoba adalah Cheese Roll (Rp24,000), Cheese Stick (Rp25,000), Picnic Roll, Roti Keju Smoked Beef dan tentu saja Pisang Molen. 

Ada lagi cerita kocak pas kami di Prima Rasa. Mendadak tas ranselnya Dinad retsletingnya jebol! Walaupun tas udah jebol, tetep lho si Dinad sempet-sempetnya beli Tahu Pletok favoritnya, yang jualan di depan Prima Rasa. Tahu pletok ini, tahu dipakein tepung, digoreng, makannya pake sambel kecap, enaaakk.. :)  Harga satuannya Rp3,000. 

3rd Destination: Origin House & Kitchen 
Dari Prima Rasa, Saya dan Dinad naik taksi ke daerah Jl.Sumatra. Biaya taksi dari Kemuning ke Sumatra sekitar Rp10,000. Destinasi berikutnya adalah Origin House & Kitchen. Pertama kali masuk udah suka sama tempatnya. Terlihat asri dan sejuk. Origin memang menjual konsep organic and healthy lifestyle. Di bagian depan, ada swalayan yang khusus menjual makanan sehat dan makan organik. Lebih ke dalam lagi, kita akan menemukan surga bagi pecinta produk perabotan rumah IKEA yang dijual disini. Lucu-lucu sekali perabotannya, sayang harganya kurang ramah di kantong. Masuk ke dalam lagi, barulah kita sampai di tempat makan berkonsep semi-outdoor, ramah lingkungan dan hemat energi. Tidak ada AC, tapi jangan takut bakal kepanasan, karena ruangan sudah didesain sedemikian rupa sehingga sirkulasi udaranya mengalir dengan lancar. Interiornya comfy banget. Modern dengan warna-warni yang bikin adem, banyak tanaman dan beberapa sangkar burung digantung di tiang-tiangnya. Feels like home. Makin kagum sama Origin yang komit dengan konsep healthy living-nya, semua pengunjung yang makan disini dilarang merokok. Bahkan mereka sangat memperhatikan kebersihan toiletnya, bersih banget dan interiornya keren. 


Kami pun segera duduk di salah satu meja dengan sofa dan melihat-lihat menu. Semua makanan dan minuman Origin terbuat dari bahan-bahan organik. Menu unggulan Origin adalah Pumpkin Soup, sayang kemarin kami ngga nyobain karena udah abis. Jadi akhirnya kami memesan Smoked Salmon Salad (Rp35,000) dan Broccoli Soup (Rp29,000), minumannya Dinad pesen Mineral Water (Rp7,000) dan saya Ice Tea (17,000). Enaaakk semuanya. Pengen ke Origin lagi nyobain main coursenya. Rasa makanan yang enak, fresh, porsi cukup mengenyangkan, presentasi makanan yang cantik, pelayanan yang baik dan interior resto yang keren, bikin Origin worth it banget buat dicoba. Oiya, di Origin akhirnya saya ketemu sama Teh Pino, yang suka jualan keripik-keripik endeus @LittleMissYou. Teh Pino ini temennya Dinad juga. Selama ini saya cuma email-emailan aja, mesen keripik. Ternyata orangnya rame banget dan punya tato lucu di tangannya. 


4th Destination: Exsport Store
Selesai dari Origin, disempetin mampir ke Exsport yang lokasinya di seberang Origin, buat beli tas Dinad. Udah mulai gerimis tuh. Selesai belanja tas dan mindah-mindahin isinya, cari taksi lagi deh untuk ke daerah Jl. Trunojoyo. Berhubung masih ujan, taksi susah dicari, telepon BlueBird dan GemaRipah pun sibuk terus. Akhirnya memutuskan naik angkot aja, berhubung banyak angkot lewat depan Exsport. Nanya rute angkot ke tukang parkir, ternyata kalo mau ke Trunojoyo harus naik 2x angkot  Ke arah Jl. Sunda, nyambung angkot ke arah Dago, dan jalan sedikit sekitar 200m.  Ongkos angkot sampai ke Trunojoyo Rp4,500. Baiklaah..dijabanin deh tuh ujan-ujan, bawa belanjaan oleh-oleh, naik turun angkot dan jalan kaki. Emang dasarnya saya sama Dinad itu sama, paling males buka payung. Ribeeeett.. Jadi mending ujan-ujanan aja.

5th Destination: ETC
Setelah perjuangan becek-becekan, sampailah kami ke destinasi berikutnya ETC (et cetera). Sebenarnya pas kunjungan kami sebelumnya ke Bandung bulan Mei yang lalu, udah pernah singgah kesini, tapi waktu itu cuma minum Bir Peuyeum aja, ngga nyobain steak-nya. Emang enak banget Bir Peuyeum, nama aslinya Cassava Beer, singkong difermentasikan sehingga menjadi bir. Sayangnya kemarin Bir Peuyeumnya udah abis. Akhirnya pesen ETC Beer Punch, Banana Beer dan Hot Tea untuk minumnya. Makanannya pesen New York Steak, Beef Turnedo, dan Potato Lyonnaise (kentang dipotong bulat dengan pisau gerigi ditumis dengan bawang bombay) sebagai side dish-nya. Untuk porsi steak yang cukup besar dan rasa yang enak, harga sekitar Rp40,000-60,000an termasuk murah. Happy tummy deh pokoknya. Kami cukup lama tuh di ETC, lumayan istirahat, pegel juga kaki dan perut pun kekenyangan :) 



6th Destination: Pool travel
Jam 18.45 pun akhirnya kami beranjak dari ETC. Kabar buruknya adalah masih ujan dan taksi susah dicari dan dipesen by phone. Akhirnya jalan kaki lagi ngelewatin rute yang sama. Terus 2x naik angkot ke arah Cihampelas, tempat pool travel. Ongkos naik angkot Rp5,000. Dan sama seperti di Jakarta, kalo udah ujan ya pasti macet lah ya. Apalagi di Cihampelas. Sempet deg-degan juga tuh, takut telat, karena travelnya Dinad berangkat jam 20.00 sedangkan saya 20.30. Sebelnya, sepanjang jalan itu saya kebelet buang air kecil. Lupa mau pipis di ETC. Saya itu orangnya memang pemilih banget kalo mau ke toilet. Males kalo toiletnya jorok, ya kan kalo pool travel, toilet ngga bisa diarepin kan. Jadi sepanjang jalan, mikir mau pipis dimana. Alhamdulillah, Dinad pas banget sampe travel tepat waktu. Pool travel saya sedikit lebih jauh, bedanya sekitar 100m lah dari pool travelnya Dinad. Alhamdulillah lagi setelah pool travel Dinad ada Aston Tropicana Hotel, yaudah ngga mikir lagi, saya langsung turun dari angkot, masuk ke dalam, melewati lobby dengan pede, masuk ke kamar mandi dan pipis. Horeee!!! Abis itu belagak bego keluar dari kamar mandi, langsung keluar. Hahahahha..Sukses..Lanjutin jalan kaki deh ke pool travel saya. Nunggu 15 menitan, 20.30 jalan deh travelnya. Saya biasa naik X-Trans (Rp70,000) karena kebetulan pool di Jakartanya (eh Banten) deket sama rumah. Sampai saat ini juga masih aman-aman aja sih si supir X-Trans nyetirnya. Jadi lumayanlah buat kalau lagi iseng-iseng ke Bandung.

Sekian cerita sehari nge-bolang di Bandung. See you later again, Bandung, masih banyak tempat makan yang belum kami sambangi lho..Kalo mau liat foto-fotonya silakan ke facebook aja ya.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © the journey of one amateur flashpacker Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger