Thursday, November 17, 2011

Amateur Traveler Exploring Bali - Part 3

Originally posted in here Sep 8, 2010

"Time is flying, never to return" - Virgil Quotes 

Day 3: 2 June 2010 

Time is really flying when we're in Bali, ngga kerasa udah hari ketiga kami berada di pulau ini, tinggal 1 hari lagi kami disana. Rasanya pengen extend deh. Memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya, jadi sebuah kewajiban. Sengaja di hari ketiga, kami bangun pagi, mengingat banyak tempat yang akan dikunjungi. Perhentian pertama, Monumen Bom Bali (ground zero). Sebenarnya letak monumen ini dekat sama hotel, tapi setiap melewati daerah ini, entah kenapa ada aja hal yang bikin kami ngga bisa mengabadikan momen, misalnya baterai kamera abis atau malam-malam lupa bawa digicam, cuma ada kamera handphone. Kami sengaja meluangkan waktu sebelum jalan-jalan untuk foto-foto dulu. Monumen ini didirikan tepat di lokasi Paddy's Club tempat terjadinya tragedi bom Bali tahun 2002 silam. Di tugunya tertulis ratusan nama korban bom bali 1. Kabarnya setiap tanggal 12 Oktober diadakan upacara peringatan yang dihadiri oleh keluarga korban dan perwakilan negara.


Monumen Bom Bali


Perjalanan kemudian dilanjutkan ke daerah Kuta Supernova, beli nasi bungkus untuk makan siang di Warung Nasi Pedas Ibu Andika. Karena masih pagi, saat kami kesana tempatnya masih sepi, padahal biasanya rame terus seharian (review Nasi Pedas Ibu Andika ada di paragraf bawah ya). Abis itu langsung jalan lagi ke daerah Tanjung Benoa. Yeah! We're gonna do some water sport! Parasailing dan Banana Boat jadi pilihan kami. Sengaja udah booking dan bayar DP sebelum ke Bali, demi dapetin harga lebih murah lewat WaterSportDiBali. Orang-orangnya kooperatif dan cepat tanggap kalau ditanya lewat email. Paket Parasailing dan Banana Boat dibandrol Rp 125.000. tiket watersport udah di tangan, cari alamat vendornya, langsung main. Fyi, di Tanjung Benoa, penyedia watersport ada banyak banget, bahkan di jalan menuju kesana, ada orang-orang naik motor sambil bagi-bagi brosur ke mobil-mobil yang lewat. Lebih enak kalau udah booking dari hari sebelumnya, tinggal dateng dan bayar sisanya.

Setelah sampai, langsung ganti baju dan pakai sunblock. Kami kemudian 'digiring' ke sebuah gazebo untuk dipakaikan vest, sarung tangan dan di briefing untuk naik Parasailing. Ngga sabar mau nyoba, walaupun terselip rasa deg-degan juga. Antrian yang mau naik Parasailing cukup panjang, matahari yang bersinar juga lagi semangat-semangatnya, langsung tanning instan deh kulitnya! 


Akhirnya tiba giliran Lia yang naik pertama, start mulus, bisa mengudara, tapi kejadian berikutnya ngga terduga banget. Saya dan Eka yang lagi serius-seriusnya mengabadikan aksi Lia di udara lewat kamera, tiba-tiba kehilangan jejaknya. Padahal cuma lagi melengos sebentar buat ngatur focus. Tiba-tiba Lia udah ilang aja, sempet denger kru watersport ngomong "ada yang nyemplung tuh gara-gara kapal kesangkut plastik". Bingung itu maksudnya Lia bukan ya. Tunggu punya tunggu, akhirnya Lia muncul dengan basah kuyup, ya, dia beneran nyemplung! Jadi ceritanya, Lia udah sukses nih mengarungi udara, tiba-tiba kapal yang narik Parasailingnya dia, mesinnya mati, gara-gara kesangkut plastik, yaudah bisa dipastiin Lia terjun bebas ke laut. Alhamdulillah jatuhnya ke laut, kalau nabrak karang gimana. Serem juga ya kan? Untungnya abis itu Lia boleh ngulang lagi naik Parasailingnya. Percobaan kedua, sukses! 


Giliran berikutnya, Eka, sempat ngga mulus juga pas take off, tapi sampai di atas dan landing sih dia selamat. Hehehe. The next and last is me! Take off? Alhamdulillah lancar. Cuma karena baru pertama kali jadi agak kagok serem gitu. Sampai atas, Wuih..bengong liat pemandangan keren banget! Sensasi flying like a bird bener-bener kerasa. Subhanallah. Walaupun kurang lama Parasailingnya, tapi saya senang bisa menikmati melayang-layang di langit Bali menyaksikan pemandangan yang begitu indah. Next, penasaran nyobain Paralayang di Puncak.

Parasailing Tanjung Benoa

Ok, sekarang saatnya naik Banana Boat. Ini kedua kalinya saya ber-Banana Boat, seru sih seru yaa, tapi antiklimaks karena terakhirnya ngga 'dijatuhin'. Mungkin gara-gara mas-mas kru watersportnya takut Lia yang abis nyemplung bakalan marah-marah kalau dijatuhin lagi kali ya? Akhirnya, karena kami ngomel-ngomel ngga dijatuhin, mas-mas Banana Boat memberhentikan boat agak jauh dari pantai "Tuh, neng..biar basah turun disini aja ya". Bete ngga sih digituin? ( -_-")


Anyway, kelar watersport, bilas dan langsung jalan lagi. Makan siang terpaksa di mobil demi mengejar waktu. Saatnya membuka bungkusan Nasi Pedas Ibu Andika, hmm..aroma yang menggugah selera seketika tercium. Saya memilih lauk ayam suwir, tempe orek dan tumis kangkung untuk dipadukan dengan nasi dan sambal yang jadi primadona. Harganya ngga lebih dari Rp 20.000. Warung Nasi Pedas Ibu Andika ini jadi salah satu kuliner wajib cicip saat ke Bali lho.


Destinasi berikutnya adalah GWK, tapi tiba-tiba saya melihat papan nama Museum Pasifika Bali, salah satu museum yang berpartisipasi pada penyelenggaraan Bazaar Art Jakarta 2009. Didorong rasa penasaran, akhirnya kami mencari museumnya, ternyata museumnya terletak di kompleks hotel mewah di daerah Nusa Dua dan tiket masuk museumnya Rp 70.000! Yak! batal, ngga jadi masuk, mahal beneur.



Keluar kompleks, Bli Kadek kemudian mengusulkan kami ke Pantai Geger, salah satu public beach yang letaknya di sebelah persis pantainya St.Regis. Wuih, pantainya enak banget! Butiran pasir putih yang halus, birunya laut, debur ombak yang tidak terlalu besar, awan putih bergulung-gulung melukis langit, dan sinar matahari yang terik. Sebuah pantai yang cantik! Ditambah deretan kursi dan payung pantai yang berbaris dengan rapi, cafe-cafe pingir pantai yang tertata rapi, dan lagi-lagi sepi, hanya ada turis asing yang duduk sambil membaca novel, sunbathing atau surfing. Tidak ada turis lokal. Rasanya saya ingin nyebur ke laut saat itu juga. Sayang ngga bawa baju renang, karena hari itu memang tidak ada jadwal main di pantai. Akhirnya hanya foto-foto sambil bermain air kecipak kecipuk aja deh. Pantai ini memang tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati pemandangan pantai. Di Geger, kami juga sempat membeli es kelapa batok. Kelapanya gede banget, harganya lumayan Rp 20.000. :)

Geger Beach


Perjalanan kemudian dilanjutkan ke GWK alias Garuda Wisnu Kencana. GWK adalah proyek cultural park yang belum selesai, karena waktu itu terkena krisis moneter. Kabarnya baru 25% yang jadi dari total seluruh konsep pembangunan. Tapi menurut saya, unfinished project ini keren banget. Belum jadi aja udah keren banget gitu, apalagi kalau udah jadi. Ngga kebayang deh, mana kompleksnya luas banget! Lucu kali nih, kalo foto pre-wed atau bahkan nikah di GWK..hihi... Masuk ke kompleks GWK dikenai biaya Rp 25.000. Begitu masuk langsung deh cari spot foto-foto. Kayanya setiap sudut bagus buat foto-foto deh. Lagi seru-serunya berpose. Tiba-tiba fenomena ujan labil Bali kembali muncul. Awalnya matahari lagi ngejreng-ngjrengnya kok, eh langsung mendung dan ujan deras banget. Lari-lari deh nyari tempat neduh. Agak lama tuh ujannya, sampai akhirnya berhenti dan kita keliling-keliling lagi. 


Garuda Wisnu Kencana



Dari GWK meluncur ke Uluwatu. Pasti udah banyak yang tau kan soal Uluwatu? Pura diatas tebing ini memang menghadirkan pemandangan yang indah. Paling pas kalau kesini sambil menyaksikan matahari terbenam. Harga tiket masuknya juga murah meriah Rp 3.000, tapi kalau mau melihat pertunjukan tari Kecak sambil melihat sunset, harus bayar biaya tambahan Rp 50.000. Ingat, harus waspada sama monyet-monyet yang berkeliaran bebas di Uluwatu. Mereka suka iseng nyomot barang-barang yang kita bawa. Pas kami kesana, kebetulan lagi ada upacara keagamaan, jadi makin rame. Awalnya berniat nonton sunset sambil nonton tari kecak, tapi berhubung keinget harus buru-buru ngetekin tempat makan malam di Jimbaran. Kami langsung kabur sebelum sunset deh. Next time kalau ke Bali, saya mau kesini lagi dan nonton kecaknya.

Pura Uluwatu

Selesai di Uluwatu, langsung beranjak ke Jimbaran. Pilihan restorannya Menega Cafe, (0361 705 888) salah satu restoran yang banyak diminati, ngga heran deh kalau tiap hari pasti penuh dan suka ngantri. Sampai sana untungnya belum begitu rame, masih bisa pilih-pilih tempat duduk. Melihat-lihat menu, bingung, terlalu banyak yang mau dimakan. Hahaha. Akhirnya ngeliat ada paket hemat untuk 1 orang isinya ada nasi, minuman, jumbo prawn, 1/2 ikan bakar, 3 tusuk sate cumi, dan 3 clams/kerang, cah kangkung beserta saus dan sambal pelengkapnya. Yoih banget ngga tuh. Paket untuk 1 orang aja segitu banyaknya ya kan? Akhirnya pesan paket itu deh 2 porsi. Dan benar aja, pas datang, asli, banyak banget tuh makanan. Pertama makan sih semangat, lama-lama temponya melambat, mulai kenyang. Sampai akhirnya ngga sanggup lagi ngabisin jumbo prawnnya satu, kami kasih ke Bli Kadek akhirnya. Dan racikan Menega Cafe nikmat banget, baru pertama tuh makan seafood enak banget gitu, apalagi clamsnya. Duh, mau lagiii! Dan, total kerusakan untuk makan dan minum bertiga Rp 210.000 sajaaaa. Senangnyaaa!

Menega Cafe, Jimbaran

Ikan Bakar, Udang Bakar, Clams, Sate Cumi
Tumis Kangkung

Perut kenyang, langsung balik ke hotel, eh tempat minum andalan yang dibawa kemana-mana malah ketinggalan di Menega, berhubung udah jauh, ngga mungkinlah balik lagi, akhirnya direlain aja deh :( Sampai hotel, bau bakar-bakaran masih nempel di baju dan rambut, akhirnya mandi dulu deh, baru jalan keluar lagi, menikmati malam terakhir di Bali, sambil web check in Air Asia di warnet. 

Legian rame banget malam itu, antrian mobil yang kena macet, hingar bingar musik yang membahana dari club ke club, bule-bule seliweran, sampai akhirnya kami memutuskan untuk beli gelato di kios yang terletak di sebelahnya Maccaroni Club. 1 cup yang kecil Rp 15.000, kami beli 2 untuk dimakan bertiga. Duduk di emperan toko, sambil melihat 'pemandangan' Legian. We surely gonna miss this place... 

Lanjut postingan berikutnya... 

PS: seperti biasa, foto-foto versi lengkap hari ketiga di Bali bisa dilihat di facebook

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © the journey of one amateur flashpacker Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger